Cara Menghadapi Gempa Bumi dan Tsunami

Posted On // 21 comments
support to Metrolisa Info

Gempa bumi merupakan bencana alam yang tidak bisa diperkirakan waktu terjadinya. Kita hanya bisa berusaha menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi. Beberapa hal yang dapat kita lakukan agar selamat dari gempa bumi adalah sebagai berikut.

a. Saat  terjadi  gempa,  jangan  panik.  Apabila  berada  di  dalam  rumah  jangan terburu- buru untuk keluar rumah. Berlindunglah di bawah meja yang kuat. Setelah gempa mulai reda, segeralah keluar dari rumah. Carilah tempat yang terbuka seperti lapangan. Hal itu untuk mengantisipasi gempa susulan.


b. Apabila  sedang  naik  kendaraan kurangi kecepatan dan berhentilah di tempat terbuka. Segeralah keluar dari mobil. Jangan berhenti di atas jembatan, di sekitar pom bensin, dan di dekat papan reklame. Kemungkinan besar bangunan tersebut akan roboh.

c. Apabila berada di luar rumah, segeralah berlari menuju tempat terbuka. Jangan berdiri di dekat papan reklame, tiang listrik, dan bangunan-bangunan yang tinggi. Gempa yang titik pusatnya di tengah laut dapat menyebabkan gelombang tsunami. Salah satu tanda terjadinya gelombang tsunami, yaitu setelah gempa, air laut akan surut. Apabila kamu melihat peristiwa itu setelah gempa segera tinggalkan daerah pantai. Oleh karena kemungkinan besar akan terjadi tsunami. Pergilah menuju ke tempat yang lebih tinggi. Sebagai contoh daerah perbukitan. Untuk mengantisipasi bencana tsunami, pemerintah mengadakan simulasi atau latihan
menghadapi tsunami. Pemerintah juga memasang peralatan khusus untuk mendeteksi tsunami.

21 comments:

  1. Mantap, untuk waspada kita saat terjadi bencana

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. semoga artikelnya bisa sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Terimakasih banyak atas pengetahuan yang anda berikan, kami jadi semakin luas pengetahuannya karena berkat informasi yang anda berikan... terimakasih

    http://goo.gl/Mj9g8N

    ReplyDelete
  4. Jogja khususnya itu rawan gempa dan tsunami,
    tapi Jogja tetep istimewa
    ....

    ReplyDelete
  5. musibah yang kita tidak tahu kapan terjadi karena snag maha kuasa yang menciptakan, semoga atas adanya blog ini kita sebagai umat manusia tetap menjaga kelestarian alam :)
    terima kasih infonya juga :)

    ReplyDelete
  6. Terimakasih sekali atas info yang telah anda berikan kak, kami jadi semakin luas pengetahuannya berkat informasi yang anda berikan.
    Kunjungan balik ya : alat bantu sex

    ReplyDelete
  7. benar-benar harus waspada untuk menghadapi gempa bumi dan bencana alam lainnya

    ReplyDelete
  8. harus waspada jika terjadi bencana alam, makasih infonya

    ReplyDelete
  9. Wahh.. bermanfaat sekali gan informasinya sekaligus nambah wawasan
    salam sukses gan

    ReplyDelete

Remember more than 3 link in comment I will delete your comment

Followers

almanhaj.or.id RSS Feeds