Ayo menyumbang

Ayo menyumbang

Peluang Amal Jariyah

Peluang Amal Jariyah

Thursday, February 26, 2015

Menafkahi Keluarga dengan Ikhlas karena mengharap Ridha Allah Ta'ala


Keutamaan Menafkahi Keluarga dengan Ikhlas Karena Allah 
Ta’ala:

ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴﻢِ

Rasulullah ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ bersabda,

ﺇِﻧَّﻚَ ﻟَﻦْ ﺗُﻨْﻔِﻖَ ﻧَﻔَﻘَﺔً ﺗَﺒْﺘَﻐِﻲ ﺑِﻬَﺎ ﻭَﺟْﻪَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺇِﻻَّ ﺃُﺟِﺮْﺕَ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﺣَﺘَّﻰ ﻣَﺎ ﺗَﺠْﻌَﻞُ ﻓِﻲ ﻓِﻲ ﺍﻣْﺮَﺃَﺗِﻚَ

"Sesungguhnya engkau, tidaklah memberikan nafkah yang
dengannya engkau mengharapkan wajah Allah kecuali engkau akanmendapatkan pahalanya, sampai makanan yang engkau suapkan kemulut istrimu." [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Sa’ad bin Abi Waqqash radhiyallahu’anhu]

Beberapa Pelajaran:

1) Penegasan bahwa ikhlas karena Allah ta’ala dalam beribadah dan mengikuti petunjuk Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam adalah syarat mendapatkan pahala dari Allah ta’ala.

2) Keutamaan bersedekah apabila diniatkan ikhlas karena Allah ta’ala dan bersedekah kepada keluarga lebih afdhal dibandingkepada orang lain, karena padanya terkandung dua kebaikan, yaitu sedekah dan menguatkan hubungan kekeluargaan (lihat Syarhu Riyadhis Shaalihin libnil ‘Utsaimin rahimahullah, 1/45).

3) Penetapan sifat wajah secara hakiki bagi Allah ta’ala, wajah yang sesuai dengan keagungan dan kebesaran-Nya, tidak sama dengan wajah makhluk.

4) Beramal karena mengharapkan wajah Allah artinya bertujuan masuk surga untuk meraih nikmat terbesar penghuni surga yaitu melihat wajah Allah subhaanahu wa ta’ala (lihat Syarhu Riyadhis Shaalihin libnil ‘Utsaimin rahimahullah, 1/45)

5) Beramal karena mengharap surga dan takut neraka tidak menafikan keikhlasan, bahkan termasuk keikhlasan itu sendiri, tidak seperti anggapan orang-orang yang tidak memahami agama dengan baik.

ﻭﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ﻭﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ



Baca Ini Juga

Memuat...
Copyright © 2014 Blogger Bumi Lasinrang. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.