Ayo menyumbang

Ayo menyumbang

Peluang Amal Jariyah

Peluang Amal Jariyah

Tuesday, May 16, 2017

Kerugian Yang Hakiki

Bismillah

Saudaraku Rahimakumulloh,...
Pernahkah anda menyesal(merasa rugi)atas kesempitan yg anda alami,disebabkan sebelumnya anda begitu loyal???
Atau hal duniawi lainnya yg mendatangkan kerugian dlm hidup anda???
Sungguh penyesalan seseorang diakhirat kelak karna kurangnya bekal(beramal sholih)sewaktu di dunia itu jauh lebih merugikan wahai saudaraku.

Allah Azza wa Jalla berfirman :

قُلْ إِنَّ الْخَاسِرِينَ الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ وَأَهْلِيهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۗ أَلَا ذَٰلِكَ هُوَ الْخُسْرَانُ الْمُبِينُ

Katakanlah, “Sesungguhnya orang-orang yang rugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari kiamat”. ingatlah yang demikian itu adalah kerugian yang nyata.
[QS Az-Zumar/39:15]

Saudaraku,..
Kerugian yang disebutkan dalam ayat di atas itulah kerugian yang hakiki, yang akan menyebabkan penyesalan yang kekal. Kerugian pada hari kiamat; kerugian disaat kebaikan dan keburukan manusia ditimbang dengan timbangan teradil yang tidak mengandung kecurangan sama sekali.

Kerugian pada hari kiamat merupakan akibat dari perbuatan kita selama hidup di dunia.Dimana jika kesempatan hidup ini tidak kita manfaatkan dengan baik dan maksimal sebagaimana seorang pebisnis memanfaatkan modal usahanya yang sangat terbatas untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya, maka  kita akan temasuk diantara manusia yg merugi,..Naudzubillah,
Semoga Allah Azza wa Jalmenyelamatkan kita semua dari kerugian tersebut.

Saudaraku,...
Kerugian terburuk yang menimpa seseorang adalah kerugian yang menimpa agamanya, karena kerugian ini akan menyebabkan penderitaan abadi di akhirat.
Kerugian yang menimpa agama seseorang merupakan musibah terparah bagi seseorang.
Oleh karena itu, diantara do’a Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah :

… وَلاَ تَجْعَلْ مُصِيْبَتَنَا فِي دِيْنِنَا

Janganlah Engkau menjadikan musibah pada agama kami.

Diantara ciri orang yang menderita kerugian dengan kerugian hakiki adalah ia melalaikan kesempatan beramal shaleh dalam kehidupannya.
Dia membiarkan kesempatan itu lewat begitu saja, sehingga akhirnya saat kematian tiba, amal kabaikan yang pernah dilakukannya masih sedikit, sementara keburukannya menggunung. Jika demikian keadaannya, timbangan keburukannya akan mengalahkan timbangan kebaikannya. Orang seperti ini termasuk yang merugi, sebagaimana firman Allah Azza wa Jal:

وَالْوَزْنُ يَوْمَئِذٍ الْحَقُّ ۚ فَمَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ ﴿٨﴾ وَمَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ فَأُولَٰئِكَ الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ بِمَا كَانُوا بِآيَاتِنَا يَظْلِمُونَ

Timbangan pada hari itu ialah kebenaran (keadilan), maka barangsiapa berat timbangan kebaikannya, mereka itulah orang-orang yang beruntung. Dan barangsiapa ringan timbangan kebaikannya, maka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri.
[Al-A’raf/7:8-9]

Allah Azza wa Jalla jg berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allâh. barangsiapa yang berbuat demikian Maka mereka Itulah orang-orang yang merugi. [Al-Munafiqun/63:9]

Dan masih banyak lagi ayat-ayat al-Qur’an yang menyebutkan kata merugi dan hal-hal yang menyebabkan kerugian. Ini semua dalam rangka mengingatkan manusia agar tidak tertimpa kerugian yang mengakibatkan penderitaan yang tidak terperikan akibatnya dalam kehidupan akhirat.

Akhirnya, kita memohon kepada Allah Azza wa Jalla agar menjaga dan menyelamatkan kita dari kerugian-kerugian tersebut,tentunya dengan memanfaatkan setiap waktu dari sisa umur kita untuk senantiasa beramal sholih yang ikhlas hanya mengharap Ridho Allah dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu alaihi wassalam.

وفقني الله وإياكم بما يحبه ويرضاه
Raha 14 sya'ban 1438 H.
Abu.Yahya Fajrin bin Maallah...✍🏻



Baca Ini Juga

Memuat...
Copyright © 2014 Blogger Bumi Lasinrang. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.